12/01/12

10 Fitur Facebook yang Tersembunyi


10 Fitur Facebook yang Tersembunyi

Fitur keren di facebookBanyak dari kita yang mungkin tidak terlalu mengerti dan memahami semua fitur-fitur facebook. Mungkin umumnya hanya digunakan untuk update status, mengomentari status, mengirimkan pesan dinding, ato sekedar bermain farmvile, mafia wars dan sejenisnya. Tapi dari semua itu ternyata masih banyak lagi fitur yang mungkin belum terlalu familiar dan jarang sekali digunakan oleh pengguna facebook. Kali ini saya akan membahas sedikit tentang fitur-fitur tersebut yang berjumlah 10 yang saya kutip dari http://sidomi.com/
1. Facebook Credits.
yang dimaksud facebook credits ialah sejenis mata uang virtual/alat pembayaran yang berlaku di facebook. credits tersebut bisa digunakan untuk membeli sebuah game premium ato aplikasi. Cara mendapatkan facebook credits tersebut ada 2 cara yaitu dengan membeli via paypal, ato mendapatkan credits gratis dengan jumlah terbatas dengan mengklik “buy more” pada menu halaman “account setting” pada facebook anda.
2. Melihat foto dengan cara lama.
Bagi sebagian kalangan, fitur “views photos” pada facebook sedikit membuat tidak nyaman dengan tab berwarna hitam. Tapi sebenarnya ada cara tersembunyi untuk melihat foto tanpa tab hitam tersebut dengan menekan tombol f5 ato menu refresh di browser anda ketika kita sedang melihat foto dalam tab hitam tersebut. Maka tampilan foto tersebut akan normal tanpa tab hitam.
3. Mengirim Email dari facebook.
Facebook saat ini sudah memberikan fitur email facebook yang bisa didapatkan pengguna dengan akhiran nama @facebook.com. Bagi anda yang belum mendapatkan email facebook untuk akun anda, bisa didapatkan dengan cara mengklik “claim your facebook email”. Email tersebut bisa digunakan untuk log-in, dan dapat mengirimkan email ke layanan-layanan email lainnya seperti yahoo, gmail, atau hotmail dari microsoft.
4. Fasilitas search
Fasilitas search di facebook tidak hanya digunakan untuk mencari nama pengguna, tetapi juga bisa mencari nama aplikasi/games, fan page, atau lainnya dengan mengetikkan nama yang spesifik di kolom search tersebut.
5. Melihat Film
Walau belum sepenuhnya berjalan 100%, facebook ke depannya mengusahakan akan memberikan fitur tersebut. Dan mungkin facebook credits juga akan digunakan untuk menjadi alat pembayaran untuk menonton film-film tersebut. Saat ini hanya tersedia berbagai trailer-trailer film-film baru yang diambil dari youtube, hulu dll.
6. Private Updates
Bagi para pengguna facebook yang tidak mau terlihat dia sedang mengupdate status, foto dsb dari orang-orang tertentu, maka bisa menggunakan opsi pada update statusnya. Disitu ada pilihan untuk mengisi kolom yang dapat diisi dengan nama-nama pengguna yang tidak anda inginkan melihat update status dari anda. Atau sekedar bersembunyi dari orang-orang yang sedang mengawasi anda.
7. Private Groups
Private groups yang dimaksud ialah group yang anda buat di facebook bisa bersifat rahasia dan hanya anggota-anggota dari group tersebut yang bisa melihat isi dan kontennya. Jadi fitur groups dalam facebook sekarang bisa dalam mode terbuka atau tertutup/rahasia.
8. Fitur Smileys dalam Facebook Chat
Fitur ini mungkin sudah banyak digunakan oleh para pengguna facebook. Bahkan ada suatu aplikasi di facebook yang bisa menampilkan smiley-smileys seperti dari YM, Hotmail dll dengan cara menggunakan aplikasi-aplikasi smileys yang tersedia di facebook.
9. Menggunakan idiom lain
Fitur ini jarang sekali digunakan dan sedikit yang mengetahui. Dalam pilihan menu bahasa, coba anda klik dalam “english”, disitu akan terdapat berbagai pilihan dari “pirate” dan “upside down”.
nanti akan terlihat perbedaannya.
10. Membuat polling
Fitur polling yang diberikan facebook memberikan kemudahan bagi kita untuk sekedar mensurvey hal-hal tertentu yang berkaitan dengan teman-teman kita di facebook. Pembuatannya pun sangat mudah dan setiap polling yang kita buat akan terlihat sama seperti kita mengupdate status atau kita bisa mengundang teman-teman kita secara khusus untuk ikut polling tersebut.