26/12/11

5 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan di Dunia

0 komentar
5 Bahasa Paling Banyak Digunakan di Dunia - Bahasa adalah "alat" komunikasi yang digunakan untuk berkomunikasi kepada orang lain. Zaman dahulu orang berkomunikasi memakai isyarat, ah entahlah bagaimana cara memberi isyaratnya krn saya bukan orang zaman dahulu alias manusia purba, hehe. Lanjut ke Topik. Jadi intinya zaman sekarang di seluruh dunia berkomunikasi memakai bahasa negara/sukunya masing-masing. dan dibawah ini ada 5 Bahasa yang sering atau banyak digunakan di dunia. cekitott!



5 Bahasa yang paling banyak di gunakan di dunia!


1. Bahasa Mandarin
Bahasa Mandarin adalah bahasa yang paling banyak dituturkan orang di seluruh dunia. Jumlah penduduk di China/Tiongkok saat ini diperkirakan hampir mencapai 1,4 miliar juta jiwa. Dari jumlah ini, semuanya diwajibkan bertutur kata resmi dalam satu bahasa, yaitu Bahasa Mandarin. Belum lagi, para imigran Tionghoa di  berbagai penjuru dunia yang setia menggunakan bahasa mandarin sebagai bahasa sehari-harinya. Negara penutur, antara lain Cina dan komunitas keturunan Cina di seluruh dunia.

2. Bahasa Inggris
Tentunya sudah tidak asing lagi dengan bahasa inggris ini bukan? Bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling banyak diadopsi menjadi bahasa resmi di beberapa negara. Hampir semua negara di dunia menerapkan Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua setelah bahasa nasionalnya. Negara penutur, antara lain Inggris Raya, AS, Afrika Selatan, Australia, Bahama, Bangladesh, Botswana, Brunei Darussalam, Ethiopia, Philipina, Ghana, Hong Kong, India, Jamaika, Irlandia, Kamerun, Selandia Baru, Kanada, Somalia, Singapura, Sri Lanka, Kenya, Liberia, Nigeria, Pakistan, Papua Nugini, dan Tanzania.

3.  Bahasa Hindi
India tidak memiliki bahasa nasional resmi. Bahasa Hindi yang dituturkan oleh masyarakat India hanya diakui sebagai bahasa resmi sehari-hari bukan sebagai bahasa nasional oleh konstitusinya. Negara penutur, antara lain India, AS, Mauritus, Afrika Selatan, Yaman, Uganda, Singapura, Selandia Baru, Jerman, Fiji, Nepal, Suriname, Trinidad  & Tobago, Guyana, dan Uni Emirat Arab.

4. Bahasa Spanyol
Saat ini, Bahasa Spanyol banyak dipakai sebagai bahasa resmi negara-negara di Amerika Tengah dan Selatan. Selain itu, bahasa Spanyol juga banyak dituturkan di beberapa negara bagian Amerika Serikat yang berbatasan dengan Meksiko. Negara penutur, antara lain Spanyol, Argentina, Bolivia, Chile, Ecuador, El Salvador, Guatemala, Honduras, Kolombia, Kosta Rika, Kuba, Mexico, Nikaragua, Panama, Paraguay, Peru, Puerto Rico, Uruguay, dan Venezuela.

5. Bahasa Arab
Bahasa Arab adalah suatu bahasa tertua di dunia. Bahasa Arab banyak meminjamkan kosakatanya ke sejumlah bahasa di Eropa utamanya bahasa Spanyol, Portugis, dan Sisila. Bahasa Arab memakai sistem penulisan aksara dari kanan ke kiri. Negara penutur, antara lain Arab Saudi, Aljazair, Bahrain, Chad, Komoro, Djibouti, Mesir, Eritrea, Irak, Yordania, Kuwait, Lebanon, Libya, Maroko, Niger, Oman, Palestina, Qatar, Somalia, Sudan, Syria, Tunisia, Uni Emirat Arab, Sahara Barat, Yaman, Mauritania, Senegal, dan Mali.


Sekian dari Admin tentang 5 Bahasa Paling Banyak Digunakan di Dunia, semoga bermanfaat dan mari kita doakan semoga Bahasa Indonesia menjadi bahasa Internasional. AAMIIN :)) !

Leave a Reply